Tingkatan Ahli Gizi (Registered Dietitian Nutrition/RDN) pada bidang Gizi Olahraga


Hello healthy people...  Mungkin sebagian dari kalian masing asing dengan kata "Gizi" apalagi "Gizi Olahraga", padahal gizi ini sangat berkaitan erat dengan kehidupan kita sehari-hari yaitu dari makanan yang kita konsumsi sehingga menghasilkan energi untuk kita beraktivitas sehari, membangun sel-sel tubuh yang rusak, dan masih banyak lagi manfaat gizi dalam kehidupan. 

Nahh kali ini aku akan ngomongin hal yang cukup baru, dimana ga aku dapetin waktu aku kuliah D3 Gizi dapet sih materi gizi seputar atlet tapi hanya bagian dari materi dietetik, dan sekarang di tempat aku melanjutkan S1 Gizi aku yang mana terdapat materi unggulan yaitu Gizi pada bidang olahraga orang-orang banyak menyebutnya "Gizi Kebugaran" inilah yang membedakan Universitas Esa Unggul dengan universitas lain yang ada jurusan gizinya.

Well.... Ahli Gizi ini punya ruang lingkup yang banyak yaaaa... Bisa Gizi Klinik, Gizi Institusi, Gizi Pangan, Gizi Masyarakat, dan juga Gizi Olahraga jangan takut jadi pengangguran deh kalau ambil jurusan Gizi heheh tergantung kaliannya tapii ^^ Nah, pada bidang Gizi Olahraga sangat berkaitan erat dengan keadaan nutrisi seseorang dimana melalui aktivitas fisik, manajemen berat badan, olahraga, dan seputar kinerja fisik lainnya dapat digali melalui Gizi Olahraga. Sebagai praktisi diet dan nutrisi ahli gizi memiliki standar praktek dan standar professional kinerja sebagai sumber daya yang bekerja di gizi olahraga dan diet.

3 tingkatan ahli gizi dalam praktik di bidang gizi olahraga :


Berdasarkan Model Dreyfus mengidentifikasi tingkatan kemahiran baik dalam pengetahuan dan kemampuan yaitu Novice, Advanced Beginner, Competent, Proficient, and Expert. Model ini membantu dalam memahami tingkatan dalam praktik yang menjelaskan SOP dan SOPP ahli gizi di Gizi olahraga dan dietetic. Dalam hal ini, tingkatan ahli gizi dalam praktik di bidang olahraga yaitu Competent/Kompeten, Proficient/Mahir, dan Expert/Ahli.





  • 1.       Competent Practitioner/Praktisi yang kompeten
Dalam bidang gizi olahraga, Ahli gizi/RDN kompeten yaitu Ahli gizi/RDN yang baru memulai praktik dalam bidang gizi olahraga setelah mendapatkan status ahli gizi dan diet terregistrasi (Registered Dietitian Nutritionist/RDN) yang didapatkan setelah menempuh pendidikan, uji kompetensi, dan tahapan lain untuk menjadi RDN. Kemudian RDN yang kompeten ini ditandai dimana RDN mulai mendalami pekerjaan profesional mengenai gizi olahraga sehingga memperoleh keterampilan tambahan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pendidikan formal didalam bidang gizi olahraga.



  • 2.       Proficient Practitioner/Praktisi yang mahir

Ahli gizi/RDN yang mahir yaitu ahli gizi/RDN yang umumnya telah memasuki profesi selama 3 tahun atau lebih dalam bidang gizi olahraga, telah memperoleh keterampilan kinerja operasional dan berhasil dalam bidang gizi olahraga. Ahli gizi/RDN pada level mahir ini juga telah menunjukkan pengetahuan tambahan, keterampilan, dan pengalaman di bidang gizi olahraga yang lebih mumpuni dibandingkan level sebelumnya. Ahli gizi /RDN yang mahir juga dapat memperoleh kredensial spesialis dibidang gizi olahraga.


  • 3.       Expert Practitioner/Praktisi yang Ahli

Ahli gizi/RDN yang expert adalah ahli gizi yang telah diakui dalam profesi khususnya bidang gizi olahraga dan telah menguasai tingkat keterampilan tertinggi dalam pengetahuan bidang gizi olahraga melalui pengetahuan tambahan, persiapan akademik formal, pengalaman, atau pelatihan. Ahli gizi/RDN yang expert memiliki kepemimpinan dan visi dalam menunjukkan efektivitas dalam merencanakan, mencapai, mengevaluasi, dan  mengkomunikasikan hasil yang ditargetkan dalam bidang gizi olahraga. Ahli gizi/RDN yang expert dapat mendapatkan peran spesialis atau mungkin kredensial tingkat lanjut dalam bidang gizi olahraga. Umumnya latihan ini lebih kompleks dan Ahli gizi/RDN memiliki otonomi dan tanggung jawab professional yang tinggi.



Referensi :
Patricia L. Steinmuller, MS, RDN, CSSD, LN,. etc. 2014. Academy of Nutrition and Dietetics: Revised 2014 Standards of Practice and Standards of Professional Performance for Registered Dietitian Nutritionists (Competent, Proficient, and Expert) in Sports Nutrition and Dietetics.
 


Comments

Popular posts from this blog

Menjaga kesehatan bibir, Cara membuat lip scrub alami | Lipscrub homemade