Rekomendasi Sehat Menaikkan Berat Badan






 
Hello healthy people… Kali ini aku akan sharing tentang “Rekomendasi Sehat Menaikkan Berat Badan”, Kalau ngomong soal menaikkan berat bedan berasa mengintervensi/mengedukasi diri sendiri :(((((... Yaapppsss karena aku juga termasuk kategori cewe yang berat badannya harus di tingkatkan lagi, ya walaupun berdasarkan IMT (Indeks Massa Tubuh) yaitu pengkategorian yang digunakan untuk menentukan status gizi berdasarkan berat badan dan tinggi badan, aku tergolong normal sih walaupun tepat dibatas normal :""") . 

Sebelum kalian ingin menaikkan berat dan ingin mengikuti rekomendasi yang aku kasih, pertama-tama yang harus kalian tekankan adalah NIAT kalian, ubah mindset kalian bahwa kalian ingin menaikkan berat badan agar lebih sehat dan status gizinya lebih baik. NIAT ini perlu banget guuyyss karena kita harus melaksanakannya secara KONSISTEN a.k.a ISTIQOMAH. Agara hasilnya lebih pun lebih optimal dan sesuai target karena segala sesuatu yang hasilnya optimal itu perlu perjuangan ga ada yang instan … Nah ngomongin target, setelah kalian memiliki NIAT yang kuat, langkah selanjutnya adalah menentukan target kenaikan berat badan dan jangka waktu untuk menaikkan berat badannya sehingga kalian lebih terarah karena udah punya target..


Langkah selanjutnya yaitu sebaiknya kalian perlu tau sebenernya status gizi kalian itu tergolong normal/kurus/gemuk. Jadi kalian bisa tau berat badan kalian sudah sesuai atau belum dan bisa tau juga tujuan dietnya. Salah satu cara mudah untuk mengetahui status gizi kalian dengan menggunakan rumus IMT dibawah ini :




Mudah kaaan caranya,, nah setelah kalian menghitung IMT dan didapatkan hasilnyaaa kalian liat pada tabel dibawah kalian tergolong status gizi yang mana..

  

Udah tau berapa IMT kalian???? Nah, jika IMT kalian dibawah 18.5 perlu banget buat kalian untuk menaikkan berat badan agar status gizi kalian normal. Dan jika IMT kalian sudah tergolong normal dan ingin ditingkatkan lagi biar lebih ideal perlu juga dipantau agar jangan sampai berat badannya naik sampai melebihi batas normal.  

Okedeh tanpa berlama-lama lagi aku akan share beberapa rekomendasi diet dan juga aktifitas fisik yang dapat berguna untuk meningkatkan berat badan. Check This Out!!!!

Rekomendasi Diet (Pola Makan):
  • Meningkatkan interval makan dalam sehari jika kesulitan untuk menambah porsi makan (3x makan utama, 3x makanan selingan padat kalori dan serat)


  • Cukup cairan/minum. Hindari minum saat makan karena akan lebih cepat kenyang, minum sebaiknya dilakukan setelah makan 


  • Perbanyak asupan lemak sehat, protein tinggi


  • Memilih makanan sumber karbohidrat dengan karbohidrat kompleks


  • Ngemil/makanan selingan padat kalori dan serat lebih sering 



Rekomendasi Aktifitas Fisik :
  • Meningkatkan massa otot, jenis olahraga yang dianjurkan : olahraga angkat beban, push up,  crunces, squat jump, dan sebagainya. Dengan berolahraga juga akan meningkatkan nafsu makanan dan rasa lapar.


  • Meningkatkan intensitas latihan secara bertahap (2-3x/minggu 30-45 menit/latihan)

Gimana nih udah dapet pencerahan belum buat menaikkan berat badannya??? Biar lebih jelas aku tambahin contoh pola menu yang dapat diterapkan untuk kalian coba dirumah .

Rekomendasi Jadwal Makan dan Jenis Makanan yang dianjurkan

Jadwal
Jam
Contoh jenis makanan yang dianjurkan
Sarapan
Jam 06.00-09.00
Menu gizi seimbang (Karbohidrat, Protein hewani dan nabati, Sayur) + susu full cream
Selingan/ngemil pagi
Jam 10.00-11.00
Roti keju/roti selai kacang dsb, kacang-kacangan, buah, jajanan ringan-sedang (batagor, siomay, kue basah), jus buah
Makan siang
Jam 12.00-14.00
Menu gizi seimbang (Karbohidrat, Protein hewani dan nabati, Sayur, Buah) *porsi lebih banyak dari makan pagi
Selingan/ngemil sore
Jam 15.00-17.00
Roti keju/roti selai kacang, kacang-kacangan, buah, jajanan ringan-sedang (batagor, siomay, kue basah), jus buah
Makan malam
Jam 19.00-20.00
Menu gizi seimbang (Karbohidrat, Protein hewani dan nabati, Sayur, buah)
*porsi sama seperti makan pagi
Selingan/ngemil malam
Jam 21.00
Buah, susu full cream, yogurt.

Makanan yang dianjurkan untuk ditambahkan pada menu sehari-hari :

Oatmeal, kentang, jagung, roti gandum, sereal , kacang-kacangan, telur, daging (sapi, ayam, ikan), susu full cream/susu sapi murni, keju, mentega, mayonnaise,




Yaaappps!!!! itu sedikit informasi yang bisa aku share, kalau ada sesuatu yang tidak kalian mengerti bisa kalian tanyakan langsung ke aku, atau kalau emang mau serius menaikkan berat badan dengan pantauan Ahli Gizi kalian juga bisa menghubungi aku Hihi J)) Semangat mencapai berat badan ideal, semoga bermanfaat <3


“Semua rekomendasi disesuaikan dengan keadaan tubuh masing-masing, makanan yang dianjurkan pun dikonsumsi sewajarnya tidak boleh berlebihan J
 


Comments

Popular posts from this blog

Menjaga kesehatan bibir, Cara membuat lip scrub alami | Lipscrub homemade